Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel


Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel


Asslamu'alikum Warohmatullohi wabarokaatuh

Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft ExcelSelamat pagi sahabat-sahabatku, alhamdulillah pada pagi ini saya bisa berbagi pengalaman kembali kepada kalian, kalian yang hadir disini pasti taukan apa itu microsoft excel, tak perlu saya jelaskan lagi..
Ketika kita menjadi seorang editor atau penulis disebuah dokumen (dokumen excel) kadang kita menemui tulisan yang tak disangka ternyata ada duplikat, atau beberapa persamaan teks sehingga teks menjadi kurang valid.
Biasanya hal ini terjadi ketika kita menjadi editor (bukan penulis asli) saat ditugasi untuk mendata detail para siswa disekolah (pendataan emis atau Verval Emis), mendata para nasabah dibank / BMT misalkan, nah.. terkadang kita menemui masalah duplikat teks / angka seperti ini, dan menjadikan kita sebel, kelihatannya tak ada masalah ternyata banyak teks atau angka yang duplikat sehingga data yang masuk menjadi tidak valid..
Pada kesempatan ini saya akan membagikan trik atau cara mengatasi masalah ini, dan cara ini belum saya temukan sebelumnya diinternet, dan saya juga mencari cara seperti yang saya masksud disini tidak menemukan di google. cara ini saya temukan setelah berpusing-pusing dan alhamdulillah hasil penemuan ini memuaskan.. Langsung saja mari simak dengan seksama..

1. Buka dahulu dokumen baru di microsoft excel.
2. Copy teks / tulisan atau angka yang mau di perikasa dari dokumen asli.
3. Pastekan / tempelkan hasil copy.an tadi menjadi dua rangkap yang terpisah 1 kolom. lebih jelasnya lihat contoh gambar dibawah ini.

Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel
Klik untuk memperbesar

 4. Blok / drag kolom A pertama lalu pilih menu DATA disebelah atas. Kemudian pilih Remove Duplicat. kemudian kil OK. Lengkapnya lihat gambar dibawah.

Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel
Klik untuk memperbesar

5. Setelah klik OK akan terlihat angka yang terhapus/teks. Kalau pada contuh gambar dibawah ada 2 yang terhapus

Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel
Klik untuk memperbesar

6. Sekarang kita menuju ke kolom sebelah kanannya atau kolom B. lalu cari angka / teks yang hilang dengan merujuk ke kolam A / sebelah kiri. setelah ketemu Anda BLOK / DRAG kolom B tersebut. , kemudian klik Ctrl F masukkan teks atau angka yang dianggap duplikat., kalau sudah klik Find All. Langsung akan terlihat duplikatnya. Gambar bisa dilihat dibawah

Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel
Klik untuk memperbesar

Bisa Anda tonton video tutorial berikut..



Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang sudah terbagikan di internet, cuman saya menambahi sedikit pada nomer 6, supaya duplikat yang terhapus bisa terlacak.
Demikian sedikit cara yang bisa saya bagikan semoga cara ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.
Apabila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya..

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

1 Response to "Cara Terbaru Mencari Teks atau Angka Duplikat di Microsoft Excel"